Rabu, 23 April 2014

SRS SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PUSAT (SINTAK) UII


Rekayasa Perangkat Lunak

KELOMPOK SERSAN

Verin Danandjojo 12523091
Chrisna Putra 12523187
Faishal Khoiruddin 12523218
Nani Harniawati 12523235
Vita Fatimah Silondae 12523274
Ade Nashruddin Fuadi 12523275
Hielmanita Tantria 12523304





[SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (SINTAK) UII]
Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak





Versi
Direvisi Oleh
Tanggal
0.1
Helmanita Tantria
9 April 2014
0.2
Vita Fatimah Silondae
10 April 2014
1.1
Ade Nashruddin Fuadi
18 April2014





Daftar Isi
Riwayat versi........................................................................................
Daftar isi..............................................................................................
1.      Pengantar........................................................................................
1.1               Kegunaan...............................................................................
1.2               Lingkup.................................................................................
1.3               Definisi.................................................................................
1.4               Referensi...............................................................................
1.5               Sistematika.............................................................................
2.      Gambaran Umum...............................................................................
2.1       Perspektif Produk.....................................................................
2.2       Fungsi Produk..........................................................................
2.3       Karakteristik Pengguna...............................................................
2.4       Kekangan...............................................................................
2.5       Asusmsi dan Ketergantungan........................................................
3.      Fungsionalitas Sistem...........................................................................
4.      Kebutuhan Antarmuka Eksternal..............................................................
4.1       Antarmuka pengguna.................................................................
4.2       Antarmuka Perangkat Keras.........................................................
4.3       Antarmuka Perangkat Lunak.........................................................
4.4       Antarmuka Komunikasi...............................................................
5.      Kebutuhan Lain..................................................................................
5.1       Kebutuhan Keamanan................................................................
Lampiran..............................................................................................




1.     Pengantar
1.1            Kegunaan
Dokumen ini berisi spesifikasi sistem perangkat lunak untuk pengelolaan transaksi peminjaman, pemesanan, dan pengembalian buku perpustakaan. Dokumen ini sekaligus menjadi acuan pada saat implementasi hingga pengujian sistem dilakukan sehingga hasil akhir sesuai dengan kebutuhan pihak pelanggan.
1.2            Lingkup
SINTAK adalah sistem informasi perpustakaan Universitas Islam Indonesia untuk mengelola transaksi peminjaman, pemesanan, serta pengembalian buku. Lebih dari itu, sistem ini dapat menampilkan informasi umum perpustakaan seperti, info lomba, dan synopsis buku terbaru.
Sistem ini diharapkan dapat memperbaiki sistem yang sudah ada di perpustakaan UII saat ini dengan adanya layanan (Tanya-jawab) dan juga pemesanan secara manual melalui sistem.
1.3            Definisi
SINTAK                          Sistem Informasi Perpustakaan
UNISYS                           Sistem Informasi Akademik UII
Sublime Text2                 Aplikasi teks editor
XAMPP                           Server
FAQ’s                             Frequently Asked Question. Daftar pertanyaan yang sering ditanyakan
Dia Diagram                    Aplikasi untuk menggambar diagram

1.4            Referensi

IEEE Std 830-1998, IEEE Recommended Practice for Software Requirements Specifications.
ISO/IEC/IEEE 29418-2011, Sistem and software engineering – Life cycle processes – Requirements engineering.
IETF RFC 2119-1997, Keywords for Use in RFCs to Indicate Requirement Levels.
Panduan Penulisan Versi 1.1 Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak ( Software Requirements Specification, SRS)

1.5            Sistematika

Dokumen ini disusun dengan sistematika sebagai berikut. Bab 2 memberikan gambaran umum mengenai sistem. Bab 3 berisi rincian fungsionalitas yang harus disediakan oleh sistem. Bab 4 berisi daftar kebutuhan antarmuka eskternal, baik antarmuka pengguna, perangkat keras, perangkat lunak, dan antarmuka komunikasi Bab 5 berisi kebutuhan kinerja sistem.





















2.     Pengantar
2.1            Perspektif Produk
SINTAK adalah program yang berdiri sendiri. Data dalam sistem ini terintegrasi dengan UNISYS.
SINTAK adalah sistem berbasis web yang bisa diakses via internet.

2.2            Karakteristik Pengguna
Pengguna SINTAK terdiri dari:
No.
Pengguna
Deskripsi
1
Pengunjung non-mahasiswa & dosen UII
Pengunjung yang hanya melihat daftar koleksi buku perpustakaan
2
Mahasiswa &  Dosen UII
Pengguna yang boleh memesan dan meminjam
3
Pegawai Perpustakaan UII (Operator)
Pengguna yang mencatat transaksi peminjaman, pemesanan, dan pengembalian buku
4
Administrator
Operator yang mengelola daftar buku dan informasi umum perpustakaan

2.3               Kekangan
SINTAK diperuntukkan untuk perpustakaan universitas dan kebanyakan penggunanya dari kalangan mahasiswa UII, sehingga:
a.       SINTAK harus beroperasi di atas perangkat lunak tak-berbayar.
b.      Antarmuka SINTAK harus memiliki bandwith yang rendah, agar mudah diakses oleh pengguna.

2.4               Asumsi dan ketergantungan
a.       Hanya dapat diakses oleh anggota, pengunjung yang bukan anggota hanya dapat melakukan pencarian buku.
b.      Anggota terdaftar adalah mahasiswa, dosen, dan pegawai UII.
c.       ID anggota adalah nomor induk mahasiswa/pegawai anggota di lingkungan UII.
d.      Status buku adalah (i) Tersedia, (ii) Dipesan, (iii) Dipinjam.
e.      Pemesanan dan peminjaman hanya bisa dilakukan oleh anggota.
f.        Pesanan yang sudah dilakukan tidak bisa dibatalkan secara manual oleh pemesan.
g.      Pesanan secara otomatis dibatalkan apabila pemesan tidak mengambil buku yang dipesan dalam 1 x 24 jam.
h.      Sistem akan memberi prioritas utama pada pemesan pertama untuk mendapatkan buku pesanan.
i.        Keterlambatan pengembalian buku dikenai denda.
j.        Dosen bisa meminjam maksimal 10 buah buku dengan jangka waktu masing-masing buku 3 bulan.
k.      Mahasiswa bisa meminjam maksimal 5 buku jangka waktu 1 bulan.




























3.     Fungsionalitas Sistem
Diagram usecase pada gambar 1 memberikan gambaran fungsionalitas SINTAK
Description: usecase fix.png
Gambar 1 Diagram Penggunacase SINTAK.




Penjelasan masing-masing fungsionalitas adalah sebagai berikut
UC01 Lihat daftar
Deskripsi
Fungsionalitas ini digunakan oleh anggota dan pengunjung untuk melihat daftar buku yang tersedia di dalam perpustakaan. Dalam daftar ini ditampilkan nama buku beserta pengarangnya. Informasi lengkap (Tahun terbit, cetakan ke-, status buku, penerbit) mengenai buku dapat dilihat dengan mengklik judul buku yang kemudian ditampilkan pada halaman baru. Selain itu, pada fungsionalitas ini anggota dan pengunjung dapat melakukan pencarian otomatis dengan memasukkan judul, pengarang dan tahun terbit.
Urutan Langkah
Urutan langkah dalam pencarian buku (lihat daftar buku) adalah sebagai berikut. Di sini, pengunjung juga mewakili anggota.
1.      Pengunjung membuka halaman pencarian buku.
2.      Sistem menampilkan semua daftar buku beserta form pencarian sederhana.
3.      Pengunjung memasukkan kata kunci pencarian.
4.      Sistem menampilkan daftar buku-buku hasil pencarian.
5.      Bila stok buku kosong, maka font informasi buku berwarna merah jika tidak, berwarna hitam.
6.      Nama buku adalah link untuk melanjutkan ke informasi lebih lengkap
7.      Kembali ke langkah 3 atau selesai
Kebutuhan Sistem
RO 1.1 Sistem harus mampu melakukan pencarian sederhana
RO 1.2  Sistem harus mampu menampilkan informasi umum buku pada tab baru
RO 1.3 Sistem harus mampu mengetahui status buku
RO 1.4 Daftar buku dengan status dipinjam harus berwarna merah


UC02 Cari Buku
Deskripsi
Digunakan oleh anggota (Dosen, Mahasiswa, Karyawan) dan Non-anggota (Pengunjung) untuk mencari Koleksi buku, jurnal dan e-book berdasarkan kata kunci judul, penulis, penerbit, tahun terbit ,bidang dan status buku.
Urutan Langkah
1. Pengunjung membuka halaman pencarian buku.
2. Sistem akan menampilkan form pencarian.
3. Pengunjung memasukkan kata kunci pencarian.
4. Sistem menampilkan hasil pencarian beserta stok dan status pencarian (dipinjam/dipesan) dan form pencarian masih tersedia.
5. Kembali kelangkah 3 atau selesai.

Kebutuhan Sistem
RO 2.1 Sistem harus mampu melakukan pencarian berdasarkan kata kunci judul, penulis, penerbit, tahun terbit dan bidang.
RO 2.2 Daftar Pencarian harus menampilkan identitas dan lokasi buku.
RO 2.3 Sistem mampu menampilkan stok dan status buku.
RO 2.4 Sistem sebaiknya dapat memberikan saran apabila buku yang dicari pengunjung tidak tersedia
RO 2.5 Sistem mampu mendeteksi pengunjung, jika anggota maka diperbolehkan meminjam dan sebaliknya hanya diperbolehkan membaca jika pengunjung bukan anggota.

UC03 Pesan Buku
Deskripsi
Fungsionalitas ini digunakan oleh anggota perpustakaan dengan Login ke sistem terlebih dahulu melalui UNISYS ataupun komputer perpustakaan.

Urutan Langkah
Urutan langkah dalam pemesanan buku adalah sebagai berikut:
1.      Setelah log in maka Dosen dan Mahasiswa baru bisa melakukan pencarian buku untuk di pesan.
2.      Jika buku yang dipesan sedang dipinjam oleh dosen atau mahasiswa lain, maka sistem akan mengirim notifikasi peringatan lewat UNISYS ke si peminjam untuk segera mengembalikan buku ke perpustakaan pusat paling lambat 1 minggu dari tanggal pemesanan. Setelah buku tersedia di perpustakaan pusat, sistem akan mengirim notifikasi ke si pemesan bahwa buku sudah bisa diambil.Kemudian Pemesan diberi jangka waktu selama 24 jam untuk mengambil buku.
3.      Pemesan yang lebih dari 1 orang, maka pemesan pertamalah yang berhak untuk mendapatkan buku yang sudah di pesan.
4.      Dosen maksimal bisa meminjam 10 buah buku dengan jangka waktu masing-masing buku 3 bulan
5.      Mahasiswa maksimal bisa meminjam 5 buku jangka waktu 1 bulan.

Kebutuhan sistem
RO 3.1 Sistem dapat mengetahui waktu peminjaman setiap buku.
RO 3.2 Sistem dapat mengetahui jumlah buku yang dipinjam setiap anggota.
RO 3.3 Sistem harus dapat mengetahui status buku yang akan dipesan.

UC04 Cek Status Buku
Deskrip
Fungsi ini Digunakan oleh anggota untuk melihat status buku yang akan dipinjam. Status buku berupa keterangan tersedia , dipinjam, dipesan. Fungsi ini memungkinkan anggota untuk melihat lokasi buku jika status buku tersedia, dan daftar yang meminjam dan memesan buku berdasarkan nama, NIM , waktu peminjaman dan pengembalian jika status buku dipinjam/dipesan.
Urutan langkah
Urutan langkah dalam pemesanan buku adalah sebagai berikut:
1. Anggota masuk kehalaman cek status buku.
2. Anggota melakukan pengisian data buku yang ingin di cek statusnya.
3. Setelah melakukan pengecekan, anggota dapat melakukan Pemesanan buku dengan Login terlebih dahulu.
4. Anggota mengirim notifikasi kepada peminjam buku apabila status buku dipinjam dan sedang dipesan.

Kebutuhan sistem
RO 4.1 Sistem mampu melakukan cek status buku.
RO 4.2 Sistem harus mampu membedakan member dan non member.
RO 4.3 Sistem mampu menyediakan laman untuk Login bagi member yang ingin memesan buku.
RO 4.4 Sistem mampu menyediakan notifikasi yang akan dikirim kepeminjam buku.

UC05 Mengelola Transaksi Pinjam-Kembali
Deskripsi
Dalam fungsi ini terdapat form peminjaman-pengembalian buku dengan informasi NIM, jenis transaksi (pinjam; atau kembali) , id_buku dan nama buku. Admin/operator/karyawan akan mendata laporan status buku apakah sudah dikembalikan atau belum. Sistem juga dilengkapi sistem denda jika tidak sesuai deadline yang ditetapkan.
Urutan Langkah
Urutan langkah dalam transaksi pinjam-kembali adalah sebagai berikut:
1. Operator masuk ke halaman transaksi.
2. Operator memasukkan ID anggota ke dalam sistem.
3. Sistem menampilkan buku yang dipinjam oleh anggota.
4. Operator memilih tombol kembali.
5. Jika tanggal pengembalian lebih dari batas peminjaman, maka :
-          sistem akan menolak pengembalian buku dan sistem akan menghitung jumlah denda sesuai dengan jumlah hari keterlambatan
-          sistem menampilkan jumlah denda
-          anggota membayar denda kepada operator
-          operator memberi tanda lunas pada sistem
-          sistem menyimpan status pembayaran
-          sistem menampilkan konfirmasi bahwa buku telah dikembalikan
6. Jika tanggal pengembalian sesuai dengan batas peminjaman, maka sistem akan menampilkan konfirmasi buku telah dikembalikan.
7. Selesai.
Kebutuhan Sistem
RO 5.1 Sistem dapat menghitung jumlah denda berdasarkan jumlah hari keterlambatan.
RO 5.2 Sistem dapat menampilkan konfirmasi pengembalian.
RO 5.3 Sistem dapat menampilkan buku yang dipinjam oleh anggota.

UC06 Lihat Informasi Umum
Deskripsi
Fungsionalitas ini merupakan gambaran secara umum perpustakan pusat UII,yang didalam nya memuat sejarah,layanan-layanan yang perpustakaan sediakan dan informasi peletakan  buku di perpustakaan.
Urutan langkah
Urutan langkah dalam lihat informasi umum sebagai berikut :
1.      Pengunjung membuka halaman informasi umum.
2.      Sistem akan menampilkan segala informasi yang ada di dalamnya.

Kebutuhan sistem
RO 6.1 Sistem harus mampu menampilkan segala informasi secara umum terkait dengan layanan-layanan yang tersedia diperpustakaan tersebut.
RO 6.2 Informasi yang ditampilkan harus mudah dipahami oleh pengunjung.

UC07 Update berita
Deskripsi
Fungsionalitas ini digunakan oleh administrator untuk menambahkan informasi umum perpustakaan, info buku-buku terbaru, beserta info acara dan perlombaan.
Urutan langkah
Urutan langkah dalam update berita adalah sebagai berikut:
1.      Administrator membuka halaman penambahan informasi umum.
2.      Administrator menambahkan informasi terbaru (synopsis buku terbaru, info lomba)
3.      Sistem menyimpan informasi.
4.      Selesai.
Kebutuhan sistem
RO 7.1 Sistem harus dapat menyimpan berita ter-update dan menampilkannya.
RO 7.2 Sistem berisi link yang merujuk pada informasi lebih lanjut.

UC08 Login
Deskripsi
Fungsionalitas ini digunakan oleh anggota untuk melakukan Login.sebelum memasuki sistem anggota terlebih dahulu harus memasukkan pengguna ID dan password,pada sistem Login hanya berlaku untuk pemesanan buku saja,sistem Login ini hanya untuk sistem pada UNISYS.
Urutan langkah
Urutan langkah dalam Login adalah sebagai berikut:
1.      Anggota membuka halaman sistem.
2.      Sistem menampilkan form pengguna ID dan password.
3.      Anggota memasukkan pengguna ID dan password.
4.      Sistem memberikan konfirmasi apakah proses Login berhasil dilakukan ataupun tidak
5.      Selesai.

Kebutuhan sistem
RO 8.1 Sistem mampu menampilkan halaman Login.

UC09 Lihat FAQ’s
 Definisi
Pada halaman ini menampilkan halaman pertanyaan untuk anggota setelah proses Login.

Urutan langkah
Urutan langkah dalam Lihat FAQ’s berita adalah sebagai berikut:
1.      Pengunjung membuka halaman pecarian buku.
2.      Pengunjung mencari nama/id/pengarang buku yang di inginkan.
3.      Pengunjung memilih satu atau lebih buku pada daftar sesuai yang diinginkan.
4.      Pengunjung meng-klik link FAQ di bagian kiri bawah.
5.      Pengunjung memberikan pertanyaan sesuai yang diinginkan.



Kebutuhan sistem
RO 9.1 Sistem menyediakan halaman pertanyaan kepada pengguna.
RO 9.2 Sistem mampu memberikan answer kepada pengguna ssetelah melakukan proses. pemesanan buku.

4.     Kebutuhan Antarmuka Eksternal
4.1               Antarmuka Pengguna
·         Penggunaan gambar sampul buku di halaman awal website.
·         Daftar buku sebaiknya ditampilkan dalam tabel agar lebih mudah dibaca oleh pengguna.
·         Antarmuka harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku.

4.2               Antarmuka Perangkat Keras
Kebutuhan perangkat keras harus sesuai dengan spesifikasi perangkat keras yang dipersyaratkan oleh perangkat lunak pada bagian Perangkat Lunak.

4.3               Antarmuka Perangkat Lunak
Sistem harus beroperasi baik setidaknya pada perangkat lunak sistem berikut:
·         Sistem operasi : Windows 7.
·         Web server : XAMPP.
·         Basis data : Oracle.
·         Bahasa pemrograman : HTML, CSS, Java Script, PHP.
·         Browser : Chrome, Firefox.
·         Software : photoshop, sublime, pencil, Dia Diagram.
4.4               Antarmuka Komunikasi
Protokol komunikasi harus menggunakan HTTP


5.     Kebutuhan Lain
5.1               Kebutuhan Keamanan
·         Semua pengguna sistem kecuali pengunjung harus melakukan Login terlebih dahulu.
·         Terdapat kode verifikasi di setiap transaksi pemesanan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar