Sabtu, 08 Oktober 2016

Karena Allah Lebih Tahu

Q : Kenapa Aku Tak Mendapat Apa Yang Aku Inginkan? 
A : Karena Allah lebih tahu apa yang terbaik bagi hambaNya...
“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (Al Baqarah: 216) 
Terkadang kita menganggap yang kita lakukan itu baik jika menguntungkan, terkadang juga menganggap tidak baik jika merugikan. dalam kehidupan ini kita akan selalu diuji oleh Allah SWT. Dihadapkan pada berbagai pilihan. Namun kita tidak boleh hanya mengandalkan hasrat hati dan nafsu semata. Karena apa yang menurut nafsu kita baik, belum tentu membawa kebaikan bagi diri kita. Bagi mereka yang selalu mengikuti norma-norma agama dan mendapat hidayah Allah SWT, hal ini tidaklah sulit. Namun bagi mereka yang suka melanggar norma, butuh latihan mental yang terus-menerus untuk menanamkan ayat ini di dalam jiwa. Sedangkan Allah SWT yang Maha Bijaksana, membiarkan kita mengambil keputusan sendiri, namun tetap memberikan bimbingan-Nya bagi mereka yang selalu eling lan waspodho. Eling, ingat bahwa diri adalah mahluk ciptaan-Nya. Dan waspodho alias waspada terhadap segala ayat Allah, baik yang tertulis di dalam Al-Qur'an, maupun yang 'tertulis' pada mahluk ciptaan-Nya, termasuk alam semesta ini.
 
Jadi, Kita semua bebas dalam menentukan arah tujuan hidup kita. Namun, sekali lagi, ingat-ingatlah: Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah: 216). Itulah sebabnya, mengapa beberapa orang melakukan hal-hal yang bertentangan dengan keinginan hatinya. Ya, karena mereka tahu bahwa ada keburukan dibalik kesenangan yang nampak. Darimana mereka tahu? Dari perintah dan larangan agama! Mereka berusaha untuk selalu mendapatkan petunjuk Allah SWT dengan cara mengamalkan isi Al-Qur'an dan Al-Hadits, banyak beribadah dan beramal soleh. Dan hanya pada Allah-lah kita semua akan kembali...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar