Kamis, 09 April 2015

Ta'aruf


Ta'aruf bisa diartikan sebagai sebuah fase yang dilalui oleh laki-laki dan perempuan yang sudah mempersiapkan diri untuk melangkah menuju jenjang pernikahan.
Ini adalah sebuah ikhtiar untuk mengetahui calong pasangan kita.

Dalam ta'aruf, kita diperbolehkan untuk bertanya secara detail mengenai calon pasangan kita. Bagaimana karakternya, keluargannya, gaya hidupnya, dan informasi detail lainnya yag menjadi rahasia calon pasangan, tapi masih dalam batasan syar'i

Karena ta'aruf ini adalah proses menuju pernikahan maka sebelum melakukan ta'aruf pastikan kita menentukan dulu bagaimana kriteria calon pasangan yang kita inginkan.

"Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantiannya, dan karena agamanya. Maka pilihlah yang beragama, agar engkau termasuk orang-orang yang beruntung." ( HR. Bukhari & Muslim)

Berdasarkan hadist diatas, jelas bahwa kriteria utama dari calon pasangan adalah agamanya.
Karena harta, kedudukan, dan kecantikan hanyalah pelengkap.
Nah sekarang, mari simak hadist lainnya.

"Barangsiapa menikahi seorang wanita karena memandang kedudukannya maka Allah akan menambah baginya kerendahan. Barang siapa meniki wanita karena memandang harta bendannya, Allah akan menambahkan baginya kemerlaratan. Barangsiapa menikahi wanita karena memandang nasabnya maka Allah akan menambah baginya kehinaan. Tetapi, barangsiapa menikahi seorang wanita karena ingin menundukkan pandangannya dan menjaga kesucian farjinya atau ingin mendekatkan ikatan kekeluargaan maka Allah akan memberkahinya bagi istrinya dan memberkahi istrinya baginya," (HR. Al-Bukhari) .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar